Cara Buat Baru & Perpanjangan (Ganti) Paspor WNI - October 2018

Awal tahun 2019 paspor gue udah mau expired, dan ternyata sekarang gak seribet dulu loh.. kalo dulu harus unggah file scan. Sekarang cukup ambil jatah antrian, karena sekarang jumlah pemohon paspor di batasi tiap harinya. Untuk limit pemohonnya kalo gak salah 130 orang per-sesi (pagi dan siang). Saya mengajukan permohonan sebanyak 5, karena berbarengan dengan kakak, suaminya dan anak-anaknya untuk perpanjang dan buat paspor anak.

NAH.... Kalo sekarang lebih singkat aja... Sekarang hanya ada 2 step dasar aja:
1. Daftar Antrian Online, tentukan tempat dan jadwal
2. Sesudah dapat jadwal antrian, siapkan berkas asli dan fotocopy yang dibutuhkan. Kemudian datang 30 menit lebih awal di jadwal tersebut. Untuk verifikasi berkas, wawancara, foto dan pembayaran sekarang dilakukan dihari yang sama.

Kuy ke step 1 dulu yaa...

Cara Antrian Online: 
1. Klik https://antrian.imigrasi.go.id/ (atau Download App "Antrian Paspor" bagi pengguna Android)
2. Buat Akun Antrian Imigrasi Online: Pilih "Pendaftaran" lalu ketik; Isi data sesuai KTP & KK, username, alamat email yang valid, password (Kalo saya prefer daftar via web, karena di App lama dapat email verifikasinya)
3. Kemudian cek email kita, lalu verifikasi. (setelah tahap ini saya lanjut di App yang udah di unduh sebelumnya)
4.Setelah ter-verifikasi, login dengan akun yang telah terdaftar tadi. Masukan username & password yang telah terdaftar
5. Pilih Kantor imigrasi yang dikehendaki/dituju
6. Pilih tanggal & waktu kedatangan (pagi atau siang) *jadwal yang tersedia biasanya jadwal 1 minggu kedepan saja)
7. Pilih jumlah pemohon, maksimal 5 orang
8. Input nama dan NIK (kalo anak dibawah umur nik bisa dilihat di KK)
9. Klik selesai / lanjut
10. Print out barcode yang ada diaplikasi atau cukup tunjukan barcode permohonan sesuai nama yang terdaftar, nanti akan discan petugas bahwa benar kita telah mengajukan antrian online sebelumnya.

Berkas yang perlu disipakan untuk dewasa:
- e-KTP
- Akta Kelahiran/Ijazah
- KK
- Paspor Lama (jika mau pergantian karena habis masa berlaku, rubah ke e-Paspor, rubah data dll)

(*Kalo untuk Pergantian Paspor karena masa berlaku habis cukup bawa: e-KTP, KK, Paspor Lama)

Berkas yang perlu disipakan untuk anak dibawah usia 17tahun:
- e-KTP orang tua (Fotocopy dalam 1 halaman)
- Akta Kelahiran
- KK
- Buku Nikah Orang Tua
- Paspor lama (jika sebelumnya sudah memiliki)
- Paspor Orangtua
- Surat Persetujuan orang tua (dikasih di pos keamanan nanti diisi oleh orang tua)
- Surat kuasa jika salah satu orang tua tidak bisa hadir

(** Berkas di atas fotocopy di kertas ukuran A4, bawa berkas aslinya juga ya jangan lupa.. Dan materai juga pulpen tinta hitam sendiri ya biar gak ribet saat isi form pernyataan)

INGAT!
- DATANG MINIMAL 30 MENIT LEBIH AWAL
- JANGAN LUPA BARCODE PERMOHONAN DI APLIKASI
- BAWA PULPEN BERTINTA HITAM DAN MATERAI
- PAKAI PAKAIAN RAPI, JANGAN PAKE BAJU PUTIH KARENA BACKGROUND FOTO UNTUK PASPOR ADALAH PUTIH

Berikut daftar harga paspor:


Mau cerita pengalaman kemarin mau perpanjang dan buat baru untuk ponakan...

2 Oktober 2018
Gue bikin akun dan dapat jatah antriannya tanggal 9 Oktober 2018 yang pagi jam 8-9 di Kantor Imigrasi Depok Kelas II. Gue langsung ambil 5 antrian, tapi sayang cuma ke pakai 4, karena ponakan 1 lagi gak bisa ijin ada ulangan harian.

Tempat dan tanggal bisa milih sesuai kebutuhan, tapi tergantung ketersediaan antrian / limit yang tersisa. Kebanyakan kalo di Kantor Imigrasi kelas I sih udah full gitu. Kalo gue domisili Depok, beruntunglah dapat jadwal dan tempat sesuai domisili.

 *** PASTIKAN BAWA BERKAS ASLI & BERKAS FOTOCOPY DI KERTAS UKURAN A4 ***

9 Oktober 2018
07.30, tiba di kantor imigrasi, kemudian langsung masuk lewat pos keamanan, lalu dikasih name tag  HIJAU (visitor), dikasih form isian pernyataan dan kita disuruh isinya di ruang unggu belakang pos.

Isi data diri dan lain-lain sesuai kartu identitas atau KK, jangan lupa pakai pulpen bertinta hitam, dan jangan lupa materai. Kalo lupa sih ada tempat fotocopy juga di imigrasi, cuma lumayan juga antrinya. Setelah form diisi, balik lagi ke post security minta nomor antrian untuk verifikasi data, lalu nanti nametag nya ganti jadi warna BIRU TUA atau BIRU MUDA untuk yang prioritas (lansia, ibu hamil, ibu membawa balita dan penyandang disabilitas), dan juga warna tag lain kurang tau, mungkin berbeda tergantung tujuan ke imigrasinya ngapain.

08.00, Aktivitas keimigrasian dimulai, dipanggil sesuai no antrian yang kita dapat di pos keamanan.
Setelah dipanggil, bawa berkas yang dibutuhkan dan juga barcode yang ada di aplikasi Paspor Online untuk di scan oleh Petugas. Pastikan semua dokumen lengkap, mulai dari yang asli & fotocopy agar mempercepat proses verifikasinya. Setelah itu nanti diberi nomor antrian lagi untuk wawancara dan foto. Oia sekarang di Imigrasi Depok disediain kopi, teh juga biskuit loh.. Jadi lumayan sambil nunggu bisa ngopi dulu.. Pokoknya pelayanan sekarang gak se-hectic dulu taun 2014 yang bikin bingung, ribet dan jutek-jutek... HAHAHAHA

08.30, Dipanggil untuk wawancara, foto, pindai sidik jari, dan verifikasi ulang data.  Saat wawancara ditanya keperluannya untuk apa, kalo gue sih emang cuma buat liburan biasa aja, jadi prosesnya lebih cepet. Kalo untuk kebutuhan kerja biasanya harus ada surat pengantar/rekomendasi dari perusahaan. Gue sekeluarganya pake paspor biasa yang 48halaman, harganya Rp. 355.000.

08.40, Selesai wawancara dan foto lalu dikasih slip untuk pembayaran. Bisa bayar langsung di POS INDONESIA Mobile yang ada didepan imigrasi (kalo bayar disini ada biaya adm Rp. 5000), tapi mereka hanya terima tunai. Karena gue gak bawa uang tunai, jadi gue bayar di Bank Deket Kantor aja.

Maksimal pembayaran paspor adalah 7 hari sejak slip pembayaran diterbitkan, dan paspor bisa di ambil terhitung 3 hari setelah melakukan pembayaran.

11.00 Gue bayar di bank BNI untuk 4 slip total jadi Rp. 1.420.000.- di BNI dan bebas biaya admin. Paspor sudah bisa diambil di hari jumat. Nanti jumat gue update lagi ya blog nya kalo dah jadi...


-----

Sekian Sharingnya, sekarang lebih mudah dalam mengurus dokumen negara, asal paham aja alur nya.. Jika masih belum jelas cek di web instansi atau telpon ke call center instansi terkait...

Semoga bermanfaat yawwww

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Honest Review #1: ELEORA Diamond Bright

manusia, teknologi, sains, dan seni

Dampak positif dan negatif pengaruh seni globalisasi pada mastarakat.